Tuesday, May 05, 2020

Visa F6 Approved!

Akhirnya setelah menunggu 3 bulan lebih, di-approve visa F6 saya.
Tadinya yakin bisa dapatin kurang dari 3 bulan karena :
- persyaratan suami lengkap
- saya pernah kursus bahasa korea di seoul
- certificate TOPIC punya dari bertahun2 yang lalu + kursus sejong di KCc
- punya multiple visa korea
- tahun lalu sudah 4x bolak balik Korea
- secara financial saya juga ga ada masalah

Entah karena lagi corona atau memang prosesnya lama. Masukin visa tgl 27 Jan, akhirnya suami di Korea ditelpon oleh pihak kedutaan tgl 24 Apr.
Ternyata ada permintaan dokumen:
- 신용정보조회서
  Ini adalah semacam surat pernyataan kredit yang dimiliki suami di Korea. Tadinya suami juga bingung dengan surat ini. Ternyata cek di website kedutaan Korea di Philippines ada persyaratan ini dan harus diterbitkan dari www.credit4u.or.kr  jadi kita ikutin saja
- Penjelasan dari kita kenal sampai menikah
Sebenarnya sudah ditulis singkat di formulir dan kita tambahkan foto2 beserta penjelasan singkat di bawah foto. Ternyata kurang juga. Katanya perlu nulis 1-2 lembar seperti membuat karangan 😅

Dua hal ini mungkin celah dari kami yang menghambat proses visa. Buat yg mau apply mungkin bisa diperhatikan.

Setelah penambahn dokumen di tgl 28 Apr, suami ditelpon lagi kedutaan tgl 29 Apr sore, minta saya untuk menyerahkan 3 dokumen persyaratan tambahan berhubungan dengan pandemic corona saat ini:
- Health Condition Report Form
- Consent to Quarantine
- Medical Certificate yg dikeluarkan oleh rumah sakit
*semua form bisa download dari website kedutaan

Tgl 30 Apr segera saya ke RS Medistra paginya untuk urus Medical Certificate, jam 8-an nyampe, jam 10 kurang selesai langsung submit ke kedutaan. 

Dan taraaa, tgl 4 Mei pagi saya dapat telpon dari kedutaan kalo visa saya sudah diapproved 👏👏👏

No comments: